Dream Trip


Lukislah dunia ini dengan telapak kakimu

Tepat 5 tahun yang lalu (2007)  identitas luar negeri mulai tercetak (baca: passport), sejak saat itulah impianku untuk melukis dunia ini dimulai. Berawal dari tugas dinas ke Prancis, saya seperti dibukakan mata oleh Tuhan bahwa dunia ini sangat luas, perjalanan 14 jam dari tanah air ke prancis memang setara dengan perjalanan naik kereta dari jakarta ke surabaya, bedanya hanya tempat2 yang kita lalui sepanjang perjalanan. Saya terbang ke Paris dari Jakarta transit Bangkok menggunakan pesawat Thai Airways. Sepanjang perjalanan menuju Paris terlihat di monitor layar lebar yang ada di pesawat, lintasan udara yang saya lalui melewati negara2 timur tengah dan eropa timur, menembus cakrawala yang biasa saya lihat dari puncak gunung, sungguh pengalaman pertama yang menggumkan. Bagi sebagian orang, naik pesawat ke luar negeri mungkin udah biasa dilakukan, bahkan mungkin dimulai sejak mereka masih kecil bersama orang tuanya, tapi tidak bagiku yang baru merasakan pertama kalinya naik pesawat pada umur 24 tahun, sendirian, dan langsung ke luar negeri, tidakkah itu WoW ??.

Petualangan pun dimulai, sepulang dari Prancis saya mulai merencanakan perjalanan bersama sahabat2 saya ke luar negeri, dan kami mulai untuk menjelajah Asia Tenggara.Tahun 2008 kebetulan mulai diberlakukan bebas fiskal untuk perjalanan ke luar negeri dengan syarat memiliki kartu NPWP, salah satu program pemerintah untuk menarik perhatianwarga negara indonesia agar taat pajak, dengan garansi bebas pajak fiskal saat berpergian ke luar negeri. Menurutku itu salah satu program brilian dari pemerintah saat itu, dan merupakan pintu gerbang dunia traveling di indonesia, walau di kalangan pejabat perpajakan masih saja diselewengkan, ah itu cerita lama dari salah seorang oknum (baca: Gayus) yang mencoreng citra instansi pajak di negeri korup ini. Ah, cukup sudah ngomongin pejabat, hanya bikin emosi saja. Di awal tahun 2011, gerbang kebebasan pun sudah benar2 dibuka selebar2nya, syarat NPWP sudah tidak diberlakukan lagi, loket pemeriksaan NPWP di imigrasi bandara pun sudah tak berbekas, tahun inilah era traveling ke luar negeri bagi warga negara indonesia di mulai. Semakin banyak majalah dan buku yang menyajikan pengalaman traveling ke luar negeri dengan berbagai macam model traveling. Maskapai penerbangan berlomba2 menawarkan tarif murah terbang ke luar negeri, travel agent berlomba2 menawarkan paket perjalanan di stand pameran traveling di ibukota, dan kantor imigrasi pun mulai berbenah dalam hal pelayanan dan infrastruktur, tiap hari ruangan imigrasi sesak dengan pembuat paspor baru, sungguh begitu cepat dunia traveling berkembang di negeri ini.

Tak terasa 5 tahun pun berlalu saat saya tersadar bahwa masa berlaku paspor saya telah hampir habis, sudah lima tahun saya berjuang untuk menggapai mimpi2 saya, melukis dunia ini dengan telapak kakiku, mewarnai hidup ini dengan cerita perjalananku, dan ternyata kaki masih ingin terus melangkah, mengejar impian yang masih jauh didepan sana . .  .

Menyusuri jalur Trans Siberiadari China melintasi Mongolia sampai ke Moskwa, Menapaki kisah pilu di negeri seribu kuil Myanmar, menjelajahi eksotisme Srilanka, mendaki puncak dunia di Himalaya Nepal, menelusuri jejak islam di zaman dinasti Umayyah di Turki, mengulas peninggalan konflik entis di negeri Balkan (Eks-Yugoslavia), melihat keramahan bangsa Viking di Skandinavia, mengagumi keindahan arsitektur negeri para penjajah di Eropa, menjangkau langit Afrika di puncak Kilimanjaro, menikmati indahnya Aurora yang berpendar di kutub utara, menengok tradisi sepakbola di Amerika Latin, dan berserah diri dalam nuansa religi di padang Arafah . . . in mimpiku!!!

Percayalah kawan . . .

Lelah ini hanya sebentar saja . . .

Teruslah bermimpi, jangan berhenti . . .

Walaupun memang tak mudah tuk meraihnya . . .

Tetap tersenyumlah biar semuanya semakin mudah . . .


Responses

  1. Mount Roraima Tos…

    Ajib banget kayaknya..

  2. Opo iku dan..???

  3. Oleh oleh *halah*

  4. jalan-jalan emang asyik karena saya juga hobi traveling tp baru sebatas beberapa daerah di indonesia.
    masih banyak tempat di indonesia dan luar negeri yang ingin saya datangi.
    semoga suatu saat saya bisa traveling keberbagai tempat yang ingin saya kunjungi,
    semoga ada kesempatan untuk saya juga.

  5. Amiiinnn . . .semoga saja🙂 . .

    Semangatt…!!!

  6. wahaha,..saya pernah tinggal di myanmar sebulan,..

  7. Trus langkahkan kakimu untuk melukis duniaa..🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: