Book


Backpacking to Philippines (31 August- 09 September 2010)

Alhamdullilah, akhirnya bayi ke-2 saya pun terlahir pula dengan selamat🙂. Buku ” RP 2 Juta Keliling Filipina dalam 10 Hari” telah beredar di toko buku di seluruh Indonesia.

Menjelajah Sisi Lain Filipina

Sebagian besar orang mengenal Filipina dengan keindahan pantai dan alam bawah lautnya, padahal masih banyak sisi lain yang menarik di negeri tetangga kita ini. Karena kolonialisme Spanyol di masa lampau, Filipina banyak memiliki situs kota tua yang bernuansa Eropa. Intramuros dan Vigan merupakan situs Kota Tua yang telah diresmikan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia. Jauh 3000 tahun yang lalu, nenek moyang orang Filipina juga telah membangun sebuah terasiring padi yang sangat memukau di Kota Benaue, yang dikenal dengan Benaue Rice Terraces. Sekarang Rice Terraces tersebut telah menjadi ikon kebanggaan Filipina yang juga telah dinobatkan sebagai World Heritage Site oleh UNESCO. Perang Dunia II juga membuat Filipina memiliki sejumlah peninggalan bersejarah, salah satu yang paling terkenal adalah Corregidor Island yang kini menjadi objek wisata favorit bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Seiring modernisasi global, Manila sebagai ibukota telah menjadi kota metropolitan yang sangat sibuk.

Filipina merupakan negara kepulauan seperti Indonesia, dengan 7.100 pulau yang dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu Luzon mewakili kepulauan di sebelah utara, Visayas mewakili bagian tengah, dan Mindanao mewakili bagian selatan. Tiap pulau dibagi menjadi beberapa region, 8 region di Luzon, 3 region di Visayas, dan 6 region di Mindanao. Tiap region dibagi menjadi beberapa provinsi dan tiap provinsi dibagi menjadi beberapa kota kecil.

Buku ini menceritakan pengalaman saya traveling menyusuri 4 region yang ada di pulau Luzon, yaitu National Capital Region (NCR), Cordillera Administrative Region (CAR), Calabarzon Region, dan Ilocos Region. Dari perjalanan menyusuri keempat region tersebut, kita bisa menikmati beberapa tipe objek wisata mulai dari wisata kota, wisata kota tua, wisata religi, wisata pantai, wisata gunung, wisata bawah laut, wisata perang, dan tentunya juga wisata kuliner.

Dalam 10 hari, kita bisa mengenal secara merata keindahan Filipina dari berbagai tipe objek wisata. Memang pariwisata Filipina bisa dibilang masih tertinggal dari negara-negara Asia Tenggara lain, tetapi kekayaan dan keragaman objek wisata yang tersimpan di negara tersebut patut mendapatkan predikat sebagai negara tujuan wisata bagi para traveler dan backpacker dari Indonesia.

Dengan adanya penerbangan langsung dari Indonesia ke Filipina, maka semakin memudahkan traveler dan backpacker Indonesia untuk menjelajah Filipina. Traveling selama 10 hari di Filipina tidak hanya membuat saya mengerti tentang indahnya objek wisata, tetapi juga membuat saya mengerti akan nikmatnya sebuah perjalanan. Semoga buku ini bisa bermanfaat bagi pembaca yang berniat traveling ke Filipina!

Peta Rute Perjalanan

Berikut ini adalah rute perjalanan yang saya tempuh selama backpacking ke Filipina, semua perjalanan saya tempuh menggunakan angkutan umum.

INFO BUKU

  • Judul : Rp2 Juta Keliling Filipina dalam 10 Hari
  • Pengarang : Sihmanto
  • Penerbit : B-First (Bentang Pustaka)
  • Harga : Rp 28.000,-

 

Backpacking to Vietnam (10 – 24 Februari 2010)

Alhamdulilah, akhirnya karya pertama saya terbit juga. Buku berjudul ” 2 Jutaan Keliling Vietnam Dalam 15 Hari “ telah beredar di toko buku Gramedia, Toga Mas, Gunung Agung dan toko buku online www.mizan.com, www.inibuku.com dan www.bukukita.com. Berawal menjadi pemenang “Lomba Keliling Dunia Bersama Bentang”, selama 15 hari saya backpacking sendirian menyusuri Vietnam mulai dri Selatan hingga Utara. Semua biaya perjalanan ditanggung oleh Bentang Pustaka dan cerita perjalanan diabadikan dalam sebuah buku yang diterbitkan langsung oleh Penerbit B-First (Bentang Pustaka)

 

Cover Buku

Deskripsi Buku :

Buku ini berisi tentang perjalanan backpacking saya menyusuri 8 Kota Wisata (Ho Chi Minh, Dalat, Nhatrang, Danang, Hue, Hanoi, Halong, Sapa) dan 4 Situs UNESCO World Heritage (Hoi An, My SOn, Hue, Halong Bay) yang tersebar mulai dari Vietnam Selatan sampai Vietnam Utara selama 15 hari. Memang Vietnam belum se-populer Thailand, Singapura, Malaysia, & Hongkong sebagai daerah tujuan wisata bagi para traveler dari Indonesia. Mungkin seperti peribahasa ” Gajah dipelupuk mata tidak tampak “, seperti halnya Vietnam yang jaraknya cukup dekat dengan Indonesia tetapi kecantikanya tidak terlihat oleh kita yang berada di Indonesia. Dengan tersedianya penerbangan langsung dari Jakarta ke Ho CHi Minh City, tak ada salahnya kita mengintip kecantikan Vietnam yang tidak kalah dari negara-negara tetangganya.

Buku ini mengulas ragam destinasi wisata Vietnam yang sangat lengkap, yaitu mulai dari wisata sejarah, wisata perang vietnam, wisata kota, wisata kota tua, wisata kampung tua, wisata kebun bunga, wisata pantai, wisata gua, wisa teluk, wisata gunung, wisata candi, wisata ziarah, wisata budaya tradisional, dan tentu saja wisata kuliner khas setempat.

Dalam buku dijelaskan berbagai macam penginapan yang ditempati, mulai dari menginap di bandara, room for rent, hostel dormitory, hotel private room, dan juga nebeng di apartemen milik kenalan di perjalanan. Dijelaskan pula berbagai macam transportasi yang dipakai, mulai dari ojek sepeda motor, minivan, bus kota, taksi, bus antar kota antar provinsi, bus wisata, kereta api dengan berbagai kelas dan juga pesawat. Tidak lupa, cara singkat belajar bahasa Vietnam dan kosakata sehari-hari dituliskan di buku ini.

Pengeluaran total keliling Vietnam dalam 15 hari adalah 2,6 juta rupiah. Sedangkan tiket pesawat Jakarta-Vietnam PP mencapai 1,9 juta rupiah (3 kali penerbangan). Mode perjalanan yang ditempuh adalah Backpacking dengan meminimalisasi dan mensiasati pengeluaran sehemat mungkin.

Rute Perjalanan

Berikut rute perjalanan saya selama backpacking ke Vietnam selama 15 hari,

Rute Perjalanan

 

Data Buku :

  • Penulis : Sihmanto
  • Penerbit : Bentang Pustaka
  • Harga : Rp 34000.00
  • ISBN : 978-979-24-3891-8

Beli bukuknya. . . . . nikmati perjalanannya . . . .jangan lupa saran dan kritiknya..:)

 

Happy Backpacking……

~!@#$%^&

Sihmanto (Mantos)

Responses

  1. wow, selamat pak mantos atas terbitnya buku pertama. Jadi ga sabar untuk memilikinya

  2. akhirnya rilis juga, selamat pak mantos semoga bukunya laris di pasaran dan bisa membantu orang2 yg ingin jalan2 di Vietnam dengan budget terbatas😀

  3. wew… selamat selamat! hebat temenku satu ini… mugo2 bukune laris manissss…

  4. manteb tos, congrats atas pencapaiannya…
    bisa enjoy sambil menghasilkan suatu yang berguna bagi orang lain…

    wassalam

  5. selamat sihmanto……luar biasaa………………

  6. Wah mantos… manteb tos. Ditunggu buku berikutnya…

  7. Selamat M5, jangan lupa janji anda :p

  8. Terima kasih pada teman2 semuanya . . . .doain bukuku laris manis di pasaran dan mendapat respon positip dari banyak orang yaa…..

    suwun..suwun….

  9. mantabpbpbp gan, yen sukses mangan2 nang piggir kali belakang BCP lagi yoh ;))

  10. Beress boosss………..

  11. MANTAB MAS…….

  12. Selamat buat bukune… Tos. Moga laris manis…😉

  13. Dungo pangestune kabeh konco2 yoo……suwun2

  14. mantab tos…
    mugo2 dadi best seller yo..
    yok opo kerjoanmu tos, di tinggal 14 dino ?

  15. Pesen 1 yo yen siap terbit.

  16. mas,kpann bukunya terbit??trs klo mo dptin gmn caranya?

  17. Buat mbak astri, mungkin awal mei sudah ada di Gramedia. Kalau mau ORDER disini juga boleh, nanti dikirim lewat tiki.

  18. owh gitu yach,mas brusan saya coba chat ym sma mas tpi ym sya malah mas block.hehehe…….harga bukunya brp?

  19. Maaf, belum aku block kok, sudah aku approved dan bisa chat lagi dengan saya. Harga belum ada mbak, silahkan ditunggu….kisaran 30-40 ribu rupiah

  20. congrats boi…
    best seller lah… didoain!!

  21. sipp…

  22. @abay : suwun bay…..makasih doanya
    @mploe : sipp…koe tuku yoo

  23. Mantab bukunya bro,,
    pantas untuk jadi referensi buku.
    Di vol 5 buku ini akan saya angkat untuk di info’kan ke teman2 pembaca MIB Bro.Mohon ijin y😀

  24. Mas fandi,

    Terimakasih atas apresiasinya
    Saya sangat senang jika buku saya dimuat di majalah MIB, suatu kebanggan tersendiri🙂. Semoga bisa bermanfaat bagi para backpacker lainya…saya yakin belum banyak traveler yang menjelajah seluruh jota wisata Vietnam…

    Happy Backpackik boss…

    Salam,
    Mantos

  25. wow…kereen om..congrats…
    ntar deh berburu bukunya di gramedia pekanbaru
    (dah smp sini blum yo???)

  26. Mungkin sudah ada, coba cek saja dulu. Kalau blm ada bisa order online di inibuku.com atau bukukita.com kok, mudah cara belinya.

    Makasih,
    Salam kenal

  27. Alhamdulillah..cm satu kata bro “AMAZING” dgn pencapaian km,congratz!! Sukses bt bukunya.. Last..Tetaplah Membumi Coy!!

  28. Suwun dhal……wah wes suwe ra ketemu, sukses selalu juga buatmu coy…!!

  29. telatmaxxx, sektas ngecek😀
    ta’ dungakno seger waras, tambah lemu koyok hadid.
    yoo… bukumu, awakmu sisan.
    nah, saiki aq takok! bukune seng ape dkekno aq, opo sek onok?
    klambi2q barang, opo yo sek onok? wes pirang taon kepungkur yo? nek wes mbok udal2i, moh aq nggawe cilakmu😀

    sungkem,
    edoasu

    nb:bahasa diatas menggunakan bahasa jawa yang banyak mendapat pengaruh grammar surabaya, google translate pasti mendem, hayah.

  30. Edoasuuu………ancen asuuuu

    Barang2mu, kaos2mu, dan bukumu iseh tertata rapi di kamarku….

    jare meh nang jakarta, kok ra sido2 pie toh..????
    wes tak enteni awit setahun kepungkur kok

    Salam Mendem
    M5

  31. Mas mantos,

    saya baru beli bukunya, karena rencananya Insha Allah tanggal 9 Juli ini mo ke HCM. Dapat referensi tentang halal food dan masjid yang ada disana.

    Mas, saya rencananya mo pake tour operator aja. Banyak sech di internet, tapi kira-2 yang ok (sesuai dengan perjanjian)bagaimana cara milihnya?

    Mungkin mas bisa bantu.

    Terimaksih banyak

  32. Mbak Dina,
    Makasih atas apresiasinya, aku sudah balesin via email pertanyaanmu ya🙂

    Asyikin aja jalan2nya…..

    Salam,
    Mantos

  33. dear mas mantos,
    sudah lama saya ingin ke vietnam, dan mudah-mudahan akan terwujud tahun ini. oleh karenanya saya membeli bukunya mas mantos.
    yg jadi masalah adalah waktu liburan saya tidak mungkin sepanjang 15 hari. paling lama saya hanya bisa libur semingu.
    ada yg menyarankan menggunakan jasa tour&travel, tapi setelah searching, harganya mahal.
    apakah ada saran dari mas mantos?
    kalau ada dana dan waktu lebih sebenernya pengen juga meneruskan perjalanan ke angkor wat.

    thanks berat mas….

  34. Kalau seminggu, mungkin hanya bisa sampai Vietnam tengah ya, kalau mau sampai Angkor Wat bisa juga sih, cuman biayanya mkn akan lebih mahal, coba susun itinerarynya dulu deh, ntar kirim ke alamat email saya . . . coba aku pelajari

    Salam,
    Mantos

  35. saudara mantos,
    saya dari malaysia ingin travel ke vietnam bulan September 2011. Saya ingin memiliki buku yang ditulis saudara. bagaimana saya boleh memesan buku ini? bolehkah saudara poskan kepada saya setelah saya membayarnya?

    sekian, terima kasih.
    -Farabi-

  36. Saudara Farabi . . .

    Salam kenal, terima kasih sudah membaca blog saya ini🙂

    Silahkan kirimkan alam lengkap saudara ke email saya adolf.mantos@gmail.com , nanti saya coba pos-kan ke negara anda. Untuk harga buku dan biaya pengiriman nanti saya sampaikan ke saudara Farabi, pembayaran nanti silahkan transfer ke rekening bank saya

    Salam,
    Mantos

  37. wah bagus bener nih , bs jd contoh buat jalan hemat ke vietnam. Kl ada wkt saya mau cek di gramedia medan buku 1 nya, soalnya renc mau jalan ke vietnam 10 hr gt

  38. pak buku jalan ke vietnam nya da abis di gramedia medan. Saya butuh buat panduan. kl yg ke filipina uda saya beli. Tp ngebet banget mau ke vietnam ak, ber backpacker ria pak…. Salam

  39. Beli aja ke Mizan.com , mungkin masih ada stok disana . .🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: