Oleh: mantostrip | Juli 9, 2010

Hari Keberuntungan : Lunch GRATIS menu HAHAL di Ho Chi Minh City


Saya berniat melanjutkan perjalanan seusai Sholat Dzuhur di Masjid Jami’ah. Saat saya berfoto di depan Masjid, saya dikejutkan dengan sosok seseorang yang sudah tidak asing lagi bagi saya. ”Hai, kau disini lagi…?”, sapa laki-laki sebaya denganku. Dia adalah ”Pak Cik Jul”, salah seorang malaysian yang sedang bekerja di Vietnam. Saya pertama kali bertemu denganya saat sedang traveling bersama teman-teman akhir tahun lalu, disini pula kami bertemu sebelumnya. Saya berkenalan di akhir tahun lalu (Desember 2009), dan ternyata dia masih ingat dengan sosokku yang tidak berubah ini. ”Sendirian saja kesini..mana kawan-kawanmu??”, tanya dia kepada saya. Dia baru datang dan akan menunaikan Sholat Dzuhur terlebih dahulu, saya kembali duduk di serambi masjid dan menantinya. Senang sekali rasanya bertemu teman asing di negara asing. Seusai sholat, dia mengajak saya untuk makan siang di kedai belakang masjid. Sebenarnya perut saya masih kenyang, baru 2 jam lalu saya makan di Ben Than Market. Saya ikutin saja apa kata dia, jarang sekali kan bisa bertemu dan berteman dengan orang asing di negeri orang. Ternyata hanya persis dibelakang masjid, ada sebuah kedai Makanan Halal. Pemiliknya adalah orang Vietnam, tetapi mereka beragama Islam. Semua masakan yang ada disini dijamin Halal. Ternyata tempat ini adalah favorit bagi orang malaysia yang bekerja disini. Pak Jul menyapa teman2nya yang sedang menyantap hidangan di meja sebelah. Serombongan malaysian meninggalkan kedai ini dan bersalaman kepada saya, seraya berkenalan dan merasa saudara serumpun. Saya lunch bersama Pak Jul ditemani dengan satu orang supirnya. Saya sempat menolak untuk makan, karena masih kenyang. Tetapi akhirnya saya memutuskan untuk makan, buat cadangan energi sampai malam hari nanti. Kare ayam semangkuk, telur dadar, sayur, nasi putih dan juga pisang ambon sebagai penutupnya. Jamuan makan siang yang begitu mewah bagi seorang backpacker seperti saya. Walaupun perut sudah kenyang, tapi nasi sepiring pun habis juga. Ditengah-tengah makan kami ngobrol seputar perjalanan saya yang akan menyusuri seluruh kota di Vietnam mulai dari Selatan sampai Utara.

Mereka mencoba mendeskripsikan tempat-tempat yang akan saya kunjungi. Cukup berharga informasi yang mereka berikan pada saya. Karena tahun baru ”TET”, maka mulai vietnam memberlakukan Libur Nasional selama 4 hari. Libur yang terpanjang sejarah di Vietnam setiap tahunnya. Sama seperti libur lebaran di Indonesia yang sampai seminggu itu. Pak Jul memutuskan untuk pulang ke Malaysia dalam liburan tersebut, karena semua office, toko, dan aktivitas perdagangan lainya tutup. “Mau ngapain hari libur disini…???, Office tutup, toko tutup, warung banyak yang tutup …., lebih baik pulang kampung “, kata dia. Tak lama kemudian ada seorang malaysian datang lagi untuk makan siang, semuanya kenal dengan Pak Jul. Mungkin ada perkumpulan orang malaysia disini, atau memang mereka sering ketemu disini. Satu jam lebih kami ngobrol diwarung ini, tiba saatnya Pak Jul harus cabut dan kembali bekerja. Siapa yang harus bayar lunch ini ?!, tentu saja saya mengeluarkan dompet saya untuk mencoba membayar apa yang saya makan. Tapi sudah saya duga sebelumnya, Pak Jul akan membayar semuanya untuk kami. Tak ada yang lebih baik dari ucapan “Terima Kasih”, kepada setiap orang yang memberikan kebaikan kepada kita. Sampai bertemu lagi Pak Jul, di lain waktu dan lain kesempatan.


Responses

  1. Hahaha..mendidik bos,asem lagi tinggi IQ mu, biasane jam semene wis turu,hahaha…

  2. Hahahaha…iyoo boss, mumpung lagi isoh mikir iki

  3. Golek kos ng vietnam ae bos, kos2anmu ga mendidik kuwi, marai rendah IQmu, ketularan habib rendahe, tp sugih, hahahhahaa….

  4. Hahaha….iyo boss, lagi survey lokasi. Negara komunis memang terasa nyaman untuk kasta sudra😀

  5. Blogmu mendidik bos, nggonku ga payu blas, asem ga mendidik ngeblog iku, marai rendah malahan…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: