Oleh: mantostrip | Mei 18, 2010

Bertemu Mr Miu Anggodo X


Sekelumit kisah menarik bertemu dengan seseorang yang mirip dengan Anggodo, saya sebut dia Mister Miu Anggodo X. Sesaat setelah keluar keluar dari tempat pengambilan Bagasi di Bandara Saigon, saya melangkahkan kaki ke Money Exchange untuk menukarkan selembar Dollar Amerika yang saya bawa dari Tanah Air. Satu USD = 17.500 VND. Kurs dibandara memang agak rendah dibandingkan tempat lain, wajar karena kebanyakan orang butuh mata uang lokal, jadi tidak banyak yang protes. Saya tukar 100 USD menjadi 1.750.000 VND. Sekarang saya telah menjadi orang kaya untuk sementara waktu, dengan uang sejuta lebih di dompet. Saya melangkahkan kaki ke kerumunan orang yang sibuk dengan dunianya masing-masing, ada yang menunggu kawanya keluar dari bandara, ada yang menunggu taksi datang, ada yanga menunggu dijemput, campur aduk jadi satu. Saya sempat memfokuskan perhatian saya pada orang Indonesia yang satu penerbangan dengan saya. Berharap mereka bisa diajak sharing taksi agar saya bayarnya bisa lebih ringan sampai pusat kota. Tapi tak satupun orang indonesia yang berbaik hati mengajak saya, walaupun saya sudah memasang tampang bego. Share Taxi adalah pilihan pertama, sebelum memutuskan tidur di bandara. Kelihatany tidak ada yang tertarik ngajak ngomong denganku, karena memang mereka semua sudah punya teman untuk diajak ngobrol. Saya memutuskan untuk duduk santai di teras. Termenung sendiri sambil menikmati sejuknya udara malam di Ho Chi Minh, tiba-tiba dari depan saya ada seorang bapak separuh baya datang menyapa dengan bahasa inggris yang tidak jelas. ” Where are you  from ? ”, sapa bapak itu padaku santai sambil meneguk air minum yang dibawanya. Mengamati gaya bicaranya tampak dia sedang mabuk, tapi saya amati yang dibawanya hanya sebotol air mineral. Dia lalu duduk disamping saya dan mulai bertanya mau kemana saya sekarang. Saya berubah pikiran, mungkin dia adalah calo yang akan menawari saya taksi ke pusat kota. Ternyata perkiraan saya salah, dia malah ngajak saya ngobrol kesana kemari dengan tema yang mengasyikkan. Dia tanya pada saya mau kemana, saya jawab saya  tidak punya tujuan dan hanya duduk disini sampai pagi besok. Diapun tertawa terbahak-bahak dikira aku bercanda. Dia menyarankan saya untuk bermalam di hotel dekat bandara saja, tarifnya murah sekitar 300.000 VND. Saya menolaknya, saya ingin tidur di bandara saja karena sudah terlalu malam untuk check-in hotel. Wajahnya mirip sekali dengan Anggodo, terpidana kasus yang sedang hangat di Indonesia. Tidak saya duga dengan santainya dia bertanya, apakah saya sudah punya pacar atau belum, Sudah pernah ”ML” dengan pacar atau belum, tinggal satu rumah dengan pacar atau orang tua. Saya jawab kalau saya muslim, jadi tidak boleh satu rumah dengan pacar, tidak boleh ciuman dengan pacar, tidak boleh ML dengan pacar sebelum menikah. Diapun terkejut, seolah apa yang saya ucapkan adalah hal yang tidak wajar. Sampai dia tanya lagi, ”Berciuman saja tidak boleh..???”. Saya tegaskan berciuman terlarang, tapi ada juga yang melanggarnya. Saya katakan hanya boleh berjabat tangan dengan pacar. Dia benar2 seperti melihat sesosok orang suci didepanya, sampai dia menyalamiku dan mengatakan ”Good Boy ” berkali-kali. Dia memberi tahu saya, kalau pada malam minggu akan ada Pesta besar-besaran diseluruh penjuru Vietnam mulai dari selatan ke utara. Karena peringatan tahun baru ”TET” di Vietnam. Akan ada pesta kembang api yang meriah ditengah malam, dan dia minta saya tidak melewatkan moment tersebut. Informasi yang sangat berhaga bagi saya, dan selalu saya ingat dan bayangkan. Setelah ngobrol lebih dari ½ jam dengannya, dia berpamitan akan menjemput temanya yang datang dari Hongkong dan Amerika malam ini. Dia mengucapkan salam perpisahan ” Goodbye, Allah bless you, Always with you  ”.


Tinggalkan Balasan

Kategori

