Oleh: mantostrip | Juni 10, 2009

Yogyakarta 3 : Malioboro Night Bazaar


Malioboro Night Bazaar….

MalioboroMenyambung cerita dari Yogyakarta 2, dalam moment yang sama pula kami berjalan-jalan di sepanjang jalan malioboro. Malioboro terkenal dengan bazaar malam yang mejajakan beraneka macam pernak-penik khas djogja. Dagangan yang paling laris adalah kaos, mulai dari yang asli sampai bajakan. Kaos yang terkenal adalah Dagadu, yang katanya dagadu asli hanya dijual di Mal Malioboro. Banyak sekali Dagadu yang di jual di jalanan dan juga toko-toko di sekitar malioboro tetapi tidak dijamin keaslianya. Disamping kaos, malioboro juga menawarkan berbagai pernik2 dan cindera mata khas djogja yang merupakan kerajinan dari seniman setempat. Jika anda adalah penggemar batik, jangan lewatkan untuk mengunjungi pasar Bringhardjo yang berada disebelah kiri jalan malioboro.

Perjalanan dari magelang

Dari borobudur kami kembali ke djogja naik bus borobudur – djogja dengan ongkos 10 ribu rupiah, turun di terminal Jombor. Dari terminal jombor kami melanjutkan perjalanan ke malioboro menggunakan busway transdjogja. Transdjogja adalah sistem angkutan perkotaan djogja yang baru dengan mengadopsi sistem busway transjakarta. Transjogja menggunakan armada bus jenis tiga per empat, sebesar metromini tetapi ber AC dan nyaman. Terminalnya lebih kecil dan jalur busway tidak menggunakan jalur sendiri, melainkan menggunakan jalan umum. Tarif tiketnya pun tergolong murah, yaitu 3ribu rupiah. Perjalanan dari jombor ke jalan malioboro sekitar 20 menit dengan kondisi lalu lintar yang biasa dan tidak macet. Jika anda ke malioboro pada hari libur atau weekend, sudah dapat dipastikan anda harus bersabar mulai dari belokan ke stasiun tugu.

Keraton & Alun-alun Kidul

Jalan malioboro selalu ramai dengan pengunjung karena letaknya yang strategis. Selain berdekatan dengan stasiun kereta api Tugu, malioboro juga dekat dengan Keraton Yogyakarta tempat Sultan Hamangkubuwono bertahta. Dari jalan malioboro kami menyempatkan untuk berwisata keraton, tapi sayang sekali waktu sudah terlalu malam sehingga kami mengurungkan niat untuk masuk keraton. Kami memutuskan untuk berkunjung ke Alun-alun kidul yang lebih dikenal dengan sebutan Alkid. Ada satu hal yang istimewa di alun-alun ini, sebuah pohon beringin kembar yang berada di tengah2 alun-alun. Dipercaya pohon ini sangat sakral, katanya jika kita bisa berjalan melewati jalan diantara beringin kembar ini dengan mata tertutup maka apapun permintaan kita akan terkabul. Dan anehnya banyak sekali orang yang gagal melewatinya, termasuk saya yang melenceng ke sebelah kanan pohon. Teman saya malahan ada yang mencoba 3 kali dan selalu gagal dan anehnya melenceng ke kanan terus. Cuman sekedar permainan, cukup menarik untuk di coba jika anda berkunjung ke sini. Siapa tau permintaan anda benar2 terkabul, walaupun anda mungkin tidak percaya. Alun-alun kidul selalu dipadati pengunjung sampai larut malam, hanya sekedar bercengkrama bersama sahabat, kekasih atau menikmati langit cerah sendirian. Sebelum pulang ke penginapan, kami menyempatkan diri untuk request lagu Yogyakarta ciptaan Kla Project ke seorang pengamen yang datang ke kami. Senengnya bisa nyanyi bareng dan benar2 menikmati suasana djogja yang tenang dan menghanyutkan…..

Alun-Alun kidul

Keraton

Alkid 2

Pulang ke kotamu
Ada setangkup haru dalam rindu
Masih seperti dulu
Tiap sudut menyapaku bersahabat, penuh selaksa makna
Terhanyut aku akan nostalgi
Saat kita sering luangkan waktu
Nikmati bersama
Suasana Jogja
Di persimpangan langkahku terhenti
Ramai kaki lima
Menjajakan sajian khas berselera
Orang duduk bersila
Musisi jalanan mulai beraksi
Seiring laraku kehilanganmu
Merintih sendiri
Ditelan deru kotamu …
…………
Walau kini kau t’lah tiada tak kembali
Namun kotamu hadirkan senyummu abadi
Ijinkanlah aku untuk s’lalu pulang lagi
Bila hati mulai sepi tanpa terobati



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: